Profil

 
Institusi harus mampu menjelaskan mandat pendirian dan perkembangan perguruan tinggi (jika terjadi pergeseran mandat atau perubahan bentuk institusi) secara ringkas dan jelas.
Sejak didirikan pada tahun 2001 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dahani Dahanai (STIE DD) oleh Yayasan Pembina Pendidikan Dahani Dahanai dengan Akta Notaris Linda Kenari, SH, MH No.1  Tanggal Desember 2001 dengan nama nama pendiri adalah, Pembina Bapak H. Baharudin. H.Lisa, penguru sebagai ketua yayasan bapak H. Darsani. K, sekretaris bapak Ibnu Alsaudi, bendahara bapak H. Philips Dillah, SH dan pengawas bapak Achmad Rasyid, Pada tahun 2019 perubahan akta notaris kedua karena adanya perubahan tempat dan domisili Yayasan dan Ketua dan Bendahara Yayasan Pembina Pendidikan Dahani Dahanai  meninggal dunia. Alamat Yayasan Pembina Pendidikan Dahani Dahanai di Jalan Cut Nyak Dien No.09A Buntok Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah, dan pengurus Yayasan Pembina Pendidikan Dahani Dahanai meninggal dunia adalah Bapak H. Darsani. K (Ketua) dan Bapak H. Philips Dillah. (Bendahara) dan Perubahan Akta Notaris tersebut masih dengan nama badan penyelenggara sama yaitu Yayasan Pembina Pendidikan Dahani Dahanai dengan Akta Notaris Linda Kenari, SH, MH, Nomor 68 tanggal 23 Oktober 2019, keputusan Menkumham RI nomor AHU-AH.01.06-0016384 Tahun 2019 tanggal 8 Nopember 2019, dengan susunan pengurus  Pembina Yayasan bapak Ir.Edi Raya Samsuri, Ketua bapak Ir.H.Baharudin H.Lisa,MM Sekretaris bapak H.Akhmad Rayid,MM Bendahara Hj.Rinawaty, S.Pd Pengawas Ibnu Alsaudi,SP, MM.
STIE DD secara konsisten dan berkesinambungan menempatkan pendidikan dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat khususnya di daerah kabupaten barito selatan dan pada umumnya untuk bangsa dan negara Indonesia. Jati diri ini tetap dipegang teguh dan bahkan dikokohkan dalam setiap kebijakan dan program yang dikembangkan. Dalam menjalankan kiprahnya, STIE DD senantiasa aktif melakukan perubahan secara internal dan rensponsif terhadap faktor-faktor eksternal. Hal ini dilakukan semata-mata untuk tetap mampu mengimbangi perubahan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi dan serta tuntutan duniaker yang yang sangat pesat berkembang terjadi di masyarakat.
Secara internal STIE DD telah melakukan berbagai pembenahan dan pengembangan program. Dengan penetapan visi untuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi yang yang unggul pada tingkat nasional tahun 2030, sebagai acuan kebijakan dan program, mulai tahun 2019 arah pengembangan STIE DD secara sistematis dituangkan dalam Rencana Strategis (Renstra) STIE DD 2017-2022. Pada periode itu STIE DD telah melakukan upaya perbaikan mutu dan layanan akademik secara terus menerus, peningkatan dan pengabdian kepada masyarakat dan Penelitian, pengembangan organisasi dan kegiatan kemahasiswaan, penataan tata pamong dan kelembagaan, serta penataan manajemen dan sumber daya manusia, dan aspek pendukung lainnya. Sementara itu, adaptasi dan respon aktif terhadap berbagai tantangan eksternal telah dilakukan STIE DD melalui upaya pemenuhan tuntutan akan kualitas lulusan, termasuk pemenuhan tuntutan masyarakat terhadap pendidikan yang berasaskan persamaan hak dan kesempatan untuk memperoleh akses yang lebih mudah dengan biaya yang terjangkau.
Pengembangan STIE DD selama lima tahun terakhir yang dipedomani oleh Renstra STIE DD 2017-2022 merupakan proses pendewasaan dan pengokohan jati diri sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. Kondisi objektif Institusi saat ini menunjukkan bahwa STIE DD telah berada pada tatanan kelembagaan dan manajemen yang lebih baik, serta memiliki program dan layanan akademik yang bermutu, yang didukung oleh aset dan fasilitas yang mencukupi. Akan tetapi, sejalan dengan visi Institusi yang menjangkau jauh ke depan, tuntutan untuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi yang unggul di tingkat nasional tahun 2030 masih merupakan tantangan yang harus diwujudkan. Upaya untuk mewujudkan diri menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi yang unggul ini pada dasarnya merupakan bentuk komitmen dan pengabdian STIE DD dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat khususnya kabupaten barito selatan kalimantan tengah dan umumnya Indonesia serta dunia pendidikan. Komitmen ini, selain merupakan hasil refleksi tentang potensi yang dimiliki, juga merupakan tekad untuk mampu berperan lebih baik dan lebih banyak bagi kemaslahatan masyarakat Indonesia. Dengan demikian, STIE DD dengan sendirinya tampil lebih baik sebagai Perguruan Tinggi yang bermartabat.
Berdasarkan kondisi di atas, dalam lima tahun ke depan STIE DD akan melakukan upaya pengembangan dengan berfokus kepada (1) pengembangan mutu akademik,(2) pengembangan penelitian,(3) pengembangan pengabdian kepada masyarakat,(4) pengembangan sumber daya manusia, (5) penguatan aspek kelembagaan, (6) peningkatan sarana dan prasarana, (7) peningkatan keuangan. Ketujuh fokus pengembangan STIE DD ini dijiwai oleh niat mewujudkan tujuan institusi yang telah ditetapkan sebagai perguruan tinggi yang unggul dan baertaraf nasional.
STIE DD melaksanakan Akreditasi program studi manajemen dengan SK BAN-PT Nomor :106/SK/BAN-PT/AK-XV/S/IV/2013 tanggal 14 April 2013 dan telah melakukan Reakreditasi pada tahun 2018 dengan SK BAN PT Nomor. 1059/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2018 tanggal 17 April 2018,  dan pata tahun 2015 Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi dengan SK BAN-PT Nomor. 661/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2015 tanggal 4 Juli 2015, sejak berdiri tahun 2003 melaksanakan pendidikan dan memiliki lulusan sarjana S1 manajemen sampai tahun 2019 sebanyak 338 Alumni.
Gulir ke Atas